Apa Itu GPU Di Android

Apa Itu GPU Di Android
Apa kalain tau apa itu GPU, Tentunya bukan Gosok,pijat,urut. GPU atau graphic processing unit adalah sebutan yang dipelopori oleh NVIDIA pada tahun 1999 ketika mereka meluncurkan GPU pertama di dunia, “GeForce 256”. Pada intinya GPU adalah sebuah CPU tambahan (atau sering disebut co-processor) yang bertugas untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan banyak perhitungan dalam satu waktu, salah satunya adalah pengolahan grafis.

Kalian yang mengerti mungkin bertanya, “kalau fungsinya begitu mirip dengan processor mengapa tidak menggunakan CPU saja untuk pengolahan gambar?”. Jawabannya, karena CPU dan GPU dirancang dengan berbeda. CPU biasanya hanya memiliki beberapa core (untuk sekarang jumlah core processor berkisar 2-8) sedangkan GPU bisa memiliki sampai dengan ribuan core. Untuk mengolah gambar maka GPU akan melakukan komputasi untuk setiap pixel yang muncul di layar, dan jumlahnya bisa mencapai jutaan.
Apa Itu GPU Di Android

Jika perhitungan grafis dilakukan CPU (mari kita katakan quadcore) maka hanya akan ada 4 core yang akan mengeluarkan 4 pixel dalam sekali hitung, sedangkan GPU akan menghasilkan ribuan komputasi dalam sekali hitung. Kemampuan hitung GPU mungkin tidak sekuat CPU namun menang dalam hal jumlah. Sedangkan, dalam hal grafis jumlah adalah variabel yang lebih penting.
Bayangkan jika kalian diminta untuk mengecat lapangan basket dalam waktu 10 menit, apakah kamu akan menyewa 2 orang dengan kemampuan mengecat paling cepat di dunia atau 100 orang dengan kemampuan cat yang biasa saja?


GPU juga sangat di butuhkan untuk kalain yang suka bermain game dan ingin gerafis dengan tampilan yang mantap maka kalian harus mengguanakan GPU yang lebih mempuni pula.
Apa Itu GPU Di Android
Kalian dapat lihat perbedaan dari tampilan game di atas, dimana gambar kiri lebih baik dari pada yang kanan, di mana di arah kiri menggunakan GPU yang lebih baik.

Mungkin kalain sudah tau apa fungsi prosesor yang bernama GPU setelah penjelasan saya di atas, Semoga dengan ini dapat membantu dan menambah wawasan kalian.

BACA JUGA :

Mengintip Kehebatan Snapdragon 835

Previous
Next Post »