CARA MENGATASI DAN MENGHENTIKAN KEBIASAAN NGILER SAAT TIDUR

Cara Menghentikan Kebiasaan Ngiler Waktu tidurMembuat perubahan dalam kebiasaan tidur yang teratur adalah trik kunci untuk menghentikan kebiasaan ngiler saat tidur. Namun, beberapa orang membutuhkan perhatian medis untuk mengobati masalah pernapasan dan gigi yang mendasari untuk mengatasi ngiler. Baca terus, untuk mengetahui lebih lanjut…
Ngiler, Kebiasaan Ngiler
Ngiler atau ngeces adalah kondisi abnormal keluarnya air liur dari mulut. Istilah medisnya disebut sebagai ptyalism, itu adalah kasus umum dialami bayi dan anak-anak. Namun, ngiler juga bukan merupakan kasus yang tidak biasa untuk orang dewasa juga. Orang-orang yang memiliki masalah ini sering terbangun dengan bantal basah, atau kadang, air liur mengumpul pada bantal. Meneteskan air liur selama tidur tidak terlalu serius, dan Anda dapat menghentikannya dengan perubahan sederhana dalam perilaku tidur Anda. Menemukan apa yang menyebabkan mengeluarkan air liur saat tidur adalah langkah cepat untuk menentukan pendekatan pengobatan yang tepat.

Apa Penyebab Ngiler Pada Saat Tidur?

Pada bayi, menetesnya air liur tidak menjadi perhatian medis, dan berhubungan dengan gigi dalam banyak kasus. Masalah ini berkurang bersama bayi tumbuh dan perkembangan gigi susu selesai. Penyebab utama dari keluarnya air liur adalah hiperaktivitas kelenjar ludah yang menyebabkan kelebihan produksi air liur. Kemudian air liur dari mulut jatuh di bantal selama setengah keadaan sadar. Demikian juga kelainan menelan dan masalah dalam menjaga air liur dalam mulut adalah pemicu utama. Faktor lain penyebab ngiler saat tidur, adalah :
  • Pernapasan melalui mulut
  • Tidur dengan mulut terbuka
  • Masalah gigi
  • Kelainan sinus
  • Penutupan bibir yang tidak tepat
  • Pembesaran amandel
  • Masalah sistem saraf
  • Obat yang menyebabkan kelebihan air liur

Tips Cara Menghentikan Ngiler Saat Tidur

Bangun dengan dipenuhi air liur menutupi pipi Anda jelas bukan pengalaman yang menyenangkan. Meneteskan air liur saat tidur dan komplikasinya diperburuk dengan batuk, muntah atau masalah refleks lainnya. Dengan kata sederhana, kasus tersebut lebih sering terjadi selama episode alergi dan infeksi saluran pernapasan bagian atas. Perawatan kebiasaan ngiler yang sebenarnya difokuskan pada identifikasi alasan penyebab dan kemudian menangani mereka. Berikut adalah beberapa cara berguna untuk menghentikan kebiasaan ngiler saat tidur Anda.
  • Saat tidur dengan mulut terbuka, kelenjar ludah diaktifkan, sehingga air liur meningkat dan tanpa sadar menetes dalam tidur Anda. Jadi, hindari kebiasaan ini sejauh mungkin. Meskipun tidak begitu mudah, Anda dapat setidaknya mencoba untuk tidur dengan mulut tertutup.
  • Perubahan kebiasaan tidur Anda adalah sebuah kebutuhan. Katakanlah misalnya, jika Anda cenderung untuk tidur pada posisi miring, cobalah berbaring telentang. Ini akan mengurangi kemungkinan air liur menetes dari mulut. Demikian pula menggunakan lebih banyak bantal untuk menjaga kepala Anda dalam posisi tinggi.
  • Sebuah tip mujarab adalah bernapas melalui hidung. Dalam kebanyakan kasus, teramati bahwa orang-orang yang ngiler dalam tidur mereka disebabkan bernapas melalui mulut mereka. Jadi, pastikan Anda menjaga pernapasan melalui hidung.
  • Jika Anda memiliki kecenderungan yang sama untuk bernapas melalui mulut, menerapkan latihan pernapasan yang berbeda secara teratur sepanjang hari. Mereka adalah cara paling sederhana namun mujarab untuk mengobati masalah ini.
  • Membuat sebuah titik untuk mengobati infeksi sinus, alergi hidung dan kondisi yang sama sejak awal. Hidung tersumbat yang tidak diobati dan kelebihan lendir di tenggorokan berkontribusi banyak untuk keluarnya air liur saat tidur Anda.
  • Jika produksi air liur berlebih disebabkan karena efek samping obat, segeralah berbicara dengan dokter tentang hal itu. Jika memungkinkan, dokter akan mengubah resep untuk menghentikan keluarnya air liur saat tidur.
Bernapas melalui hidung dengan mulut tertutup dan tidur dengan posisi telentang adalah obat yang berguna untuk mengatasi masalah ngiler. Ngiler ketika tidur tidak hanya menyebabkan masalah malu ketika Anda berbagi tempat tidur Anda dengan orang lain, tetapi meningkatkan risiko air liur dan cairan masuk ke paru-paru. Jadi, ikuti pendekatan perawatan diri yang disebutkan di atas dan perubahan perilaku, dan kemungkinan besar, Anda akan mendapatkan lebih dari kebiasaan tidak menyenangkan ini.
Jika Anda tidak berhasil dalam mengobati masalah air liur dengan tips perawatan diatas, jangan ragu-ragu untuk mengunjungi dokter Anda. Para pakar kesehatan akan mencoba untuk mengetahui faktor-faktor penyebab dan menyarankan langkah-langkah perbaikan untuk mengatasinya. Ketidakmampuan untuk bernapas melalui hidung biasanya berasal dari kondisi pernapasan.Cara Menghentikan Kebiasaan Ngiler Waktu tidur.
Previous
Next Post »