EVOLUSI & REVOLUSI TEKHNOLOGI DI DUNIA PENDIDIKAN

Selamat datang Di Babudownload Tempatnya download Sotware dan aplikasi berkualitas dan  Info berkualitas juga tentunya.
(Sebelum saya memulai Artikel ini, saya ingin mengatakan jika Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru.)

EVOLUSI & REVOLUSI TEKHNOLOGI DI DUNIA PENDIDIKAN

     Tekhnologi adalah sesuatu yang di ciptakan dengan tujuan mempermudah dan membantu manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Contoh,bayangkan saja kalian hidup di mana masih belum adanya lampu, lalu kalian ingin membuat sesuatu yang bisa menerangi jalan kalian saat gelap di malam hari, lalu kalian belajar dan mencari ilmu bagaimana caranya membuat cahaya yang terang, kalian belajar dengan waktu yang lama dan kalian sudah mendapatkan semua ilmu serta mengetahui bagaimana tata cara membuat sebuah cahaya, kemudian kalian membuat sang lentera cahaya itu dan kalian berhasil, dengan berhasilnya kalian membuat sebuah lampu itu berarti kalian sudah membuat tekhnologi, tapi tekhnologi yang kalain buat pada zaman dulu fungsinya hanya untuk meneangi jalan saja, Tapi coba kalian lihat fungsi dari lampu saat ini,dimana lampu sudah terjadi Evolusi dan revolusi terhadap fungsinya,dimana lampu untuk sekarang ini dapat berfungsi untuk mengatur jalan agar tidak macet,tanda jika ada bahaya, dan banyak lagi fungsi dari sebuah lampu saat ini, Dimana funsi utama sebuah lampu pada zaman dulu sampai sekarang mengalami Perubahan.

Begitu juga denga Tekhnologi pada saat ini, di mana fungsi dari tekhnologi semakin berkembang tujuan utama di ciptakan teknologi tidak lagi hanya untuk mempermudahkan manusia dalam kehidupan sehari-hari tapi juga mempermudahkan dalam mencari ilmu lalu membuat tekhnologi yang lain. Dimana sekarang ini banyak sekali tekhnologi-tekhnologi yang di ciptakan untuk mempermudah kita dalam media belajar dan juga mengajar.

EVOLUSI & REVOLUSI TEKHNOLOGI DI DUNIA PENDIDIKAN
Mungkin di zaman dulu ya 2000 tahun lalu misal, dimana di ciptakannya sebuah meja hanya untuk makan dan minum, Tapi di zaman sekarang meja tersebut mengalami evolusi dan juga revolusi terhadap fungsinya.
EVOLUSI & REVOLUSI TEKHNOLOGI DI DUNIA PENDIDIKAN
Di mana funsi sebuah meja yang dulu hanya berfungsi untuk menghidangkan makanan, secara tidak sadar sang meja tersebut berubah fungsi menjadi tempat seseorang untuk belajar. Ini menandakan jika sebuah tekhnologi yang di ciptakan juga dapat membantu dan mempermudah mencari ilmu untuk, menciptakan sebuah tekhnologi lain, yang mana dengan meja belajar ini sudah banyak tekhnologi-tekhnologi baru yang terciptakan.

Melihat dari penjelasan di atas, kenapa kita tidak menggunakan tekhnologi yang sekarang ini sangat berkembang, apalagi perkembanagn tekhnologi elektronik saat ini. tapi cara belajar dan mengajar di Indonesia tiadak ada perkembangan sama sekali.
Dimana dapat kita lihat, media belajar serta mengajar yang ada di sekolah saat ini, sama sekali tidak ada perubahan. Kalian dapat lihat Foto belajar zaman dulu dan juga zaman sekarang yang ada di bawah.
EVOLUSI & REVOLUSI TEKHNOLOGI DI DUNIA PENDIDIKAN
( Foto Belajar Belajar Di Kelas Zaman Dulu - foto http://masodjie.com)
EVOLUSI & REVOLUSI TEKHNOLOGI DI DUNIA PENDIDIKAN
( Foto Belajar Di Kelas Zaman Sekarang - Foto m.tempo.co )

     Dari 2 foto di atas, apa kalain dapat mencari perbedaan anatara foto belajar di kelas zaman dulu dan foto belajar di kelas zaman sekarang. Kalian pasti menjawab seperti ini, "foto satu hitam putih dan yang satunya berwarna, baju yang di pakai lebih rapih yang zaman sekarang, guru zaman dulu cowo dan yang sekarang cewe ". Dari 2 foto di atas sebenarnya tidak ada perbedaan sama sekali. Coba kalian lihat zaman dulu, media mengajarnya menggunakan papan tulis,lalu lihat zaman sekarang juga menggunakan papan tulis, pada zaman dulu menggunakan kapur tulis, pada zaman sekarang juga masih menggunakan kapur tulis, walaupun sebagian sudah ada yang menggunakan spedol, zaman dulu menggunakan meja kayu, yaa sekarangpun masih menggunakan meja kayu, zaman dulu menggunakan buku, zaman sekarangpun masih menggunakan buku. Dari zaman kake buyut saya masih ada sampai beliau sudah punya anak lalu anaknya dari kakek buyut saya memiliki anak kemudian anak dari kake buyut saya memiliki anak, kemudian anak dari kake saya itu memili anak, yaitu saya, Media belajar serta mengajar ya tetap sama, sama seperti kakek buyut saya masih ada.
Kenapa kita Masyarakat Indonesia takut menggunakan Tekhologi yang ada sekarang ini sebagai media belajar dan mengajar, apa menunggu negara-negara lain lebih jauh maju dan berhasil baru kita ikut-ikutan merubah media belajar yang kita gunakan saat ini dengan teknologi yang sudah ada sekarang.

Coaba saja kalain bayangkan dari meja biasa beralih ke meja belajar saja ilmu dan teknologi berkembang sangat maju, di mana yang hanya menggunakan meja belajar untuk belajar mampu menciptakan sebuah tekhnologi Leptop yang begitu canggih seperti leptop dari ACER yang bernama Acer Chromebook 14, Lalu kenapa kita tidak gunakan sebuah teknologi Leptop untuk menggantikan sang buku tulis, Bayangkan teknologi sehebat apa yang dapat tercipta jika kita menggunakn tekhnologi terbaru untuk belajar. Untuk negara lain yang sudah mengerti, jika media belajar serta mengajar yang mereka gunakan yang itu-itu saja maka perkembangan serta ilmu yang di dapatkan juga hanya itu-itu saja. Maka jangan heran jika kalian menengok negara-negara maju yang sudah menggunakan Leptop dalam media belajarnya untuk menggantiakn fungsi buku tulis, dengan hasil mereka lebih hebat dalam memproduksi atau menciptakan tekhnologi baru.

EVOLUSI & REVOLUSI TEKHNOLOGI DI DUNIA PENDIDIKAN
( Suasana Belajar SD Di Sekolah Australia - Foto http://ictashok.blogspot.nl )

     Kalian dapat melihat, media Mengajar yang di gunakan oleh sekolah-sekolah di Australia yang sudah menggunakan sebuah Proyektor untuk mengganti papan tulis di Kelas mereka. Memang saat ini di Indonesia ada sebagian sekolah yang sudah menggunakan Proyektor dalam media belajar dan mengajar, Tapi itu hanya satu atau dua dalam satu minggu, bahkan ada yang hanya satu bulan sekali, dengan alasan yang bermacam-macam, ada yang di sebabkan sekolah hanya mempunyai satu proyektor yang di gunakan bergantian dari kelas ke kelas lain, Di tambah jika sang guru enggan menggunakan Proyektor untuk mengajar, Dengan alasan tidak bisa menggunakannya, Jika kalian seorang guru, dan tidak mengetahui cara menggunakan Proyektor, maka pertanyakan kembali topi toga apa yang kalain pakai saat lulus kuliah jangan-jangan ijazah S2nya paketan, dan apabila kalain seorang murid menemukan Seorang guru yang tidak bisa menggunakan Proyektor maka pertanyakan kembali pantaskah seorang guru tersebut di sebut sang guru, Untuk belajar menggunakan Proyektor saja dia susah apalagi ingin mengajari kalian sebuah ilmu, saya hanya berfikir secara logika.


APAKAH HARUS MEMPERBAHARUI MEDIA BELAJAR DULU DENGAN TEKHNOLOGI SEKARANG

     Haruskah kita saat ini memperbaharui media belajar dan belajar saat ini. Melihat keadaan Negara kita saat ini perbaharuan tersebut bisa untuk di realisasikan, di mana kita sekarang ini dapat mengganti tekhnologi buku tulis dengan leptop tekhnologi saat ini,dan Mengganti papan tulis dengan Layar proyektor, untuk dua perubahan tersebut harusnya sudah bisa di realisasikan di seluruh sekolah di Indonesia. dengan mendengar pernyataan saya tersebut pasti banyak yang memprotes khususnya orang tua dengan nada seperti ini, " Harag dari Leptop kan 3.000.000an lebih, mamang kamu mau membelikannya, dan bagaiman untuk keluarga yang tidak mampu ". Setelah kalain bertanya seperti itu wahai orang tua maka saya akan bertanya dengan kalain, berapa uang yang sudah kalian habiskan untuk berfoya-foya di belakan keluarga kalain, berapa duit yang sudah kalain habiskan dari uang yang kalian dapatkan lalu ke,udian kalian sisihkan di mana uang yang kalian sisihkan, kalian berinama uang kenakalan.Menurut saya 80% keluarga yang ada di Indonesia sekarang ini sudah mampu untuk membelikan sebuah leptop untuk anak mereka. " Lalu bagaimana dengan keluarga yang tidak mampu ", untuk keluarga yang tidak mampu sbenarnya pemerintah bisa membantu dari dana BOS yang setiap tahun di kucurkan dan entah dana tersebut habis untuk apa. kali inisaya juga akan merekomendasikan baut kalian pelajrar ataupu guru sebuah Leptop yang di rancang khusus untuk dunia pendidikan yaitu Acer Chromebook 14 dimana dengan harga 3.999.999 kalian sudah mendapatkan spesifikasi yang sangat mantap.

KENAPA HARUS Acer Chromebook 14

 Acer Chromebook 14

Karna Leptop ini memang di desain khusus untk membantu kalian di bidang pendidikan, terutama kalian para guru, seperti meja di atas yamg berubah menjadi meja belajar, Acer juga ternayata sudah memberikan tekhnologi mereka yang mana awalnya Leptop untuk berkerja tapi sekarang  sudah ada Leptop untuk belajar, di mana Leptop untuk belajar tersebut di persembahkan oleh Acer. Acer Chromebook 14 sudah di senjatai prosesor Intel® Celeron® yang di tunjang Ram 4 GB DDR3, serta dengan teknologi layar sentuh pada layarnya, berat dari Leptop yang satu ini juga tidak terlau berat hanya 1kg lebih sedikit, jadi bisa kalian bawa denagn mudah ke sekolah ataupun pulang kembali kerumah lalu ada satu lagi buat kalain para guru yang ingin menambah wawasan mengenai bagaimana menjadi guru yang baik, buka situs aja situs ini, http://guraru.org/, kalian bisa berbagi dan menambah wawasan dalam tatacara mengajar, apalagi buat kalian guru-guru baru.

SEBERAPA PENTINGKAH TEKHNOLOGI SAAT INI DI DUNIA PENDIDIKAN

     Melihat dengan fakta yang ada saat ini, Tkhologi di dunia pendidikan sangatlah penting, bahkan teknologi di di dunia pendidkian di zaman dahulu sudah sangat penting, dimana di ciptakannya sebuah meja belajar untuk belajar, bahkan tekhnologi meja belajar masih di gunakan sampai saat ini. Untuk kalain yang tidak mengetahui sebenarnya  Meja juga termasuk dalam sebuah Tekhnologi, Kalian jangan hanya berfikir jika tekhnologi itu benda-benda yang bersangkutan dengan elektronik saja, Sebab difinisi sebauh Tekhnologi adalah alat yang di ciptakan untuk mempermudah manusia menjalani kehidupannya. alat-alat elektronik yang kalian pakai saat ini semua adalah perkembangan dari Tekhnologi-Tekhnologi yang menurut kalian itu bukan sebuah tekhnologi, Contoh, Sebuah pohon lalu di tebang lalu di ciptakan menjadi kayu bakar, kemudian berkembang menjadi Papan kayu, lalu berkembang lagi menjadi lebih tipis menjadi triplek, kemudian berkembang lagi dan di rubah lagi menjadi kertas untuk membungkus sesuatu, lalu kertas berkembang lagi menjadi sebuah media tulisan saja, karna tulisannya sudah banyak dan terpisah-pisah, kemudian di rapikan karna berantakkan menjadi satu dan berkembang menjadi apa yang kalain sebut buku, Mengikuti perkembangan buku sang pohon tadi di kembangkan menjadi papan PCB dengan campuran logam, lalu papan PCB terus berkembang menjadi alat-alat elektronik yang ada sekarang karna tekhnologi akan terus mengalami revulusi, contohnya TV tabung sudah berevolusi menjadi TV LED, dan banyak lagi. Jadi dengan membaca artikel saya kali ini apa kalain sudah tau pentingnya sebuh tekhnologi di kehidupan dan juga di dunia pendidikan.

POIN ARTIKEL 

     Poin Penting dari isi Artikel saya di atas adalah Pentingnya sebuah tekhnologi dalam media Belajar dan mengajar, di mana kita dapat memperbaharui tekhnologi yang dahulu dengan tekhnologi yang ada saat ini. di mana kita jangan takut memperbaharui apa yang sudah menjadi kebiasaan di dunia pendidikan, kita tidak mengganti kita hanya memperbaharui, jadi kita jangan takut mencoba hal baru dalam dunia pendidikan, Stop keras kepala mari kita lihat keadaan saat ini, jika kalian seorang guru lihatlah murid-murid kalain, secara tidak sadar mereka sudah mulai menggunakan tekhnologi yang ada saat ini, di mana saat kalian memberikan PR untuk mereka, mereka dapat dengan mudah mencari jawaban melalui Smartphone mereka, yaitu dengan mencari jawaban di Internet atau bertanya pada GOOGLE, memang dengan tekhnologi saat ini Murid-murid kalian dapat dengan mudah menemukan jawaban dari pertanyaan yang kalian buat, karna memang itu fungsi dari sebuah tekhnologi yaitu untuk mempermudah, dan kalian para guru memberikan soal-soal yang akan di jawab murid-murid kalian, tujuannya agar sang murid mengetahui Jawaban yang kalain ajukan, bukan membuat sang murid kesusahan lalu stres mencari jawaban dari pertanyaan yang kalian buat itu kan, jika tujuan kalian sebagai seorang guru hanya untuk menyiksa murid-murid, lebih baik kalian tidur saja di rumah, karna fungsi seorang guru untuk memberikan ilmu, memberitahuakn apa yang anak-anak murid mu tidak tau.
Poin terakhir yaitu, sekarang teknologi elektronik saat ini juga sudah ada yang memang di ciptakan untuk membantu kita menuntut ilmu, contohnya Acer Chromebook 14 yang memang di peruntukan untuk membantu belajar dan mengajar.


EVOLUSI & REVOLUSI TEKHNOLOGI DI DUNIA PENDIDIKAN

Previous
Next Post »